Minggu, 18 April 2010

Jagalah Mata, Jagalah Hati

Mata adalah penuntun, dan hati adalah pendorong dan penuntut. Mata memiliki 
kenikmatan pandangan dan hati memiliki kenikmatan pencapaian. Keduanya merupakan
sekutu yang mesra dalam setiap tindakan dan amal perbuatan manusia, dan tidak
bisa dipisahkan antara satu dengan yang lain.
Ketika seseorang memiliki niat untuk melakukan sesuatu yang muncul dari dalam
hati, maka dia memerlukan mata sebagai penuntunnya. Untuk melihat, mengamati,
dan kemudian otak ikut bekerja untuk mengambil keputusan.
Bila seseorang memiliki niat untuk melakukan amal yang baik, maka mata
menuntunnya kearah yang baik pula. Dan bila seseorang berniat melakukan suatu
perbuatan yang tidak baik, maka mata akan menuntunnya kearah yang tidak baik
pula.
Sebaliknya bisa pula terjadi, ketika mata melihat sesuatu yang menarik, lalu
melahirkan niatan untuk memperoleh kenikmatan dari hal yang dilihatnya, maka
hati akan mendorong mata untuk menjelajah lebih jauh lagi, agar dia memperoleh
kepuasan dalam memandangnya. Sehingga Allah SWT memberikan kepada kita semua
rambu-rambu yang sangat antisipatif, yaitu perintah untuk menundukkan pandangan.
Dalam Al-Qur’an Surat An-Nur ayat 30-31 Allah swt berfirman:

Artinya: "Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka
menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih
suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".
"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya,
dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya,
kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain
kerudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami
mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka,
atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau
putera-putera saudara laki-laki mereka atau putera-putera saudara perempuan
mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau
pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita), atau
anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka
memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan
bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya
kamu beruntung. " (QS. An Nuur: 30-31).
Demikianlah hal yang terjadi, sehingga ketika manusia terpuruk dalam kesesatan,
maka terjadilah dialog antara mata dan hati, seperti yang dituturkan oleh
seorang ulama besar Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah dalam bukunya "Taman Orang-orang
Jatuh Cinta dan Memendam Rindu".
Hati berkata kepada Mata: “Kaulah yang telah menyeretku kepada kebinasaan dan
mengakibatkan penyesalan karena aku mengikutimu beberapa saat saja. Kau
lemparkan kerlingan matamu ke taman itu, kau mencari kesembuhan dari kebun yang
tidak sehat, kau salahi firman Allah, "Hendaklah mereka menahan pandangannya"
(An-Nur 30), dan kau salahi sabda Rasulullah Saw yang artinya, "Memandang wanita
adalah panah beracun dari berbagai macam panah Iblis. Barangsiapa
meninggalkannya karena takut kepada Allah Azza wa Jalla, maka Allah akan memberi
balasan iman kepadanya, yang akan didapati kelezatannya di dalam hatinya". (H.R.
Ahmad)”.
Kemudian mata menjawab dan menyanggah perkataan hati.
Mata berkata: “Kau zhalimi aku sejak awal hingga akhir. Kau kukuhkan dosaku
lahir dan batin. Padahal aku hanyalah utusanmu yang selalu taat dan penuntun
yang menunjukkan jalan kepadamu. Engkau adalah raja yang ditaati. Sedangkan kami
hanyalah rakyat dan pengikut. Untuk memenuhi kebutuhanmu, kau naikkan aku ke
atas kuda yang binal, disertai ancaman dan peringatan. Jika kau suruh aku untuk
menutup pintuku dan menjulurkan hijabku, dengan senang hati akan kuturuti
perintah itu. Jika engkau memaksakan diri untuk menggembala di kebun yang
dipagari dan engkau mengirimku untuk berburu di tempat yang dipasangi jebakan,
tentu engkau akan menjadi tawanan yang sebelumnya engkau adalah seorang
pemimpin, engkau menjadi budak yang sebelumnya engkau adalah tuan. Yang demikian
itu karena pemimpin manusia dan hakim yang paling adil, Rasulullah Saw, telah
membuat keputusan bagiku atas dirimu, dengan bersabda:
"Sesungguhnya di dalam tubuh itu ada segumpal darah. Jika ia baik, maka seluruh
tubuh akan baik pula, dan jika ia rusak, rusak pula seluruh tubuh. Ketahuilah,
segumpal darah itu adalah hati." (H.R. Bukhori Muslim).
Abu Hurairah Ra. Berkata, "Hati adalah raja dan seluruh anggota tubuh adalah
pasukannya. Jika rajanya baik, maka baik pula pasukannya. Jika raja buruk, buruk
pula pasukannya". Jika engkau dianugerahi pandangan, tentu engkau tahu bahwa
rusaknya para pengikutmu adalah karena kerusakan dirimu (wahai hati), dan
kebaikan mereka adalah karena kebaikanmu. Jika engkau rusak, rusak pula para
pengikutmu. Lalu engkau lemparkan kesalahanmu kepada mata yang tak berdaya.
Sumber bencana yang menimpamu adalah karena engkau tidak memiliki cinta kepada
Allah, tidak menyukai dzikir kepada-Nya, tidak menyukai firman, ‘asma dan
sifat-sifat-Nya. Engkau beralih kepada yang lain dan berpaling dari-Nya. Engkau
berganti mencintai selain-Nya.”
Demikianlah, mata dan hati, sepasang sekutu yang sangat serasi. Bila mata
digunakan dengan baik, dan hati dikendalikan dengan keimanan kepada Allah SWT,
maka kerusakan dan kemungkaran dimuka bumi ini tak akan terjadi. Namun bila yang
terjadi adalah sebaliknya, maka kerusakan dan bala bencanalah yang senantiasa
menyapa kita.
Tentang menahan pandangan mata, Imam Ibn al-Qoyyim mengatakan dalam kitabnya,
al-Jawab al Kafi hal. 129: “Pandangan mata adalah duta syahwat. Menjaga
pandangan adalah pangkal penjagaan farj (kemaluan). Barang siapa melepas bebas
pandangan matanya, berarti telah mengiring dirinya menuju lubang-lubang
kehancuran.
Nabi saw bersabda:
Artinya: “Wahai Ali, janganlah engkau turutkan kilasan pandangan (pertama)
dengan pandangan (berikutnya). Tidak mengapa untukmu kilasan awal pandangan.”
Maksud ‘kilasan’ awal pandangan adalah kilasan pandangan spontanitas yang
terjadi tanpa kesengajaan” Imam Ibn Qoyyim mengatakan didalam musnad al-imam
ahmad ibn hambal, tertera hadist dari Rasulullah saw:
“Pandangan mata itu laksana anak panah yang beracun dari anak panah-anak panah
iblis”

Selanjutnya beliau (Imam Ibn Qoyyim) mengatakan: “Pandangan mata adalah pangkal
segala bencana yang menimpa manusia, karena pandangan itu melahirkan detikan
hati; detikan hati melahirkan pikiran melayang; pikiran melayang melahirkan
nafsu birahi; nafsu birahi melahirkan hasrat; hasrat itu kemudian menguat sampai
menjadi tekad yang kuat. Karenanya, tidak boleh tidak, akan terjadilah
perbuatan, selagi tidak ada sesuatu hal yang menghalangi”. Oleh sebab itu, ada
pujangga yang mengatakan: “Bersabar menahan pandangan mata adalah lebih mudah
daripada bersabar terhadap pedihnya derita setelah pandangan itu”.
Karena itu sudah sewajarnya kita menahan pandangan mata dari memandang lelaki
atau memandang wanita. Hendaklah kita tidak melihat gambar-gambar yang yang
merangsang, yang dipancang di sebagian majalah atau digelar di layar televisi
maupun video. Dengan itu, niscaya kita selamat dari dampak buruk. Berapa banyak
kilasan pandangan mata yang menyeret seseorang menuju penyesalan dan kegelisaan
yang tak berujung. Gejolak api yang membara terjadi akibat percikan api yang
dipandang kecil.
Oleh karena itu, sepatutnyalah kita sebagai manusia yang lemah selalu berdo’a
dan memohon kepada Allah swt agar Ia selalu membimbing hati-hati kita, dan agar
kita mampu membimbing hati-hati kita kejalan yang Ia ridhoi. Dan semoga kita
mampu membawa dan menjaga amanah nikmat memandang, sehingga kita tidak menyalahi
anugrah terbesar ini untuk melihat hal-hal yang tidak Ia ridhoi.
Ya Allah, bimbinglah kami, agar kami mampu mengendalikan hati kami dengan
keimanan kepada-Mu, mengutamakan cinta kepada-Mu, dan tidak pernah berpaling
dari-Mu.
Ya Allah, bimbinglah kami, agar kami mampu mengendalikan mata/ pandangan kami
kearah yang Engkau ridhoi. Jauhkan kami dengannya menuju penglihatan dari
pandangan-pandangan yang Engkau haramkan sehingga menyebabkan kami terjerumus
kejurang maksiat..
Allaahumma ‘aafina fii badaninai, Allaahumma ‘aafina fii sam’ina, Allahumma
‘aafina fii qolbinaa, Allaahumma ‘aafina fii bashorina. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar